Kamis, 23 Februari 2012

Tahapan Pilgub Dimulai Juli


BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat memperkirakan tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dimulai pada Juli 2012. 

Saat ini, KPUD masih menyusun draf tahapan Pilgub Jawa Barat 2013.Draf ini rencananya akan disahkan pada tanggal 21 Juli 2012. “Drafnya sedang kami susun, yang dimulai dengan pengesahan regulasi-regulasi,” ungkap Ketua KPUD Jawa Barat Ferry Kurnia Rizkiansyah, di Gedung KPU Jabar, Jalan Garut,Kota Bandung,kemarin.

Menurut dia, regulasi tersebut meliputi beberapa tahapan yang akan dimulai pada bulan Juli hingga awal September 2012.Juli sampai awal September, pihaknya akan mempersiapkan kebutuhan anggaran, regulasi, dan berbagai program pelaksanaanPilgubJabarnanti.

“Kami juga tengah mempersiapkan pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK),panitia pemungutan suara (PPS), dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP),”katanya. Memasuki bulan Agustus, lanjut dia,KPUD akan memberitahukan mengenai Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ada beberapa regulasi yang harus disusun mengenai DP4 ini.

“Jadi, kami akan memberitahukan ke Pemprov Jabar agar menyediakan DP4.Setelah itu,pada akhir September nanti diharapkan sudah menerima DP4 dari Pemprov Jabar,”ungkap dia. Sementara untuk pengajuan calon perseorangan pada Pilgub Jawa Barat nanti,menurutnya akan dibahas pada Oktober 2012.Pada bulan ini, pihaknya sekaligus akan melakukan langkah verifikasi syarat calon perseorangan.

“Di antaranya, dalam pemenuhan syarat dukungan 3% dari jumlah penduduk serta melampirkan KTP dan surat dukungan,”ujarnya. Sementara untuk calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik akan dibahas pada bulan berikutnya, November. “Pada pertengahan November, kami akan membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik.

Baru pada akhir Desember, akan dilakukan pengumuman, pengundian, dan penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat untuk pilgub nanti,”tuturnya. Dia menjelaskan,memasuki Januari 2013,KPUD Jabar akan melakukan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).


Sementara masakampanye akan dimulai pada akhir pekanpertama Februari 2013.“Masa kampanye akan dibukapadatanggal7hingga20Februari 2013.Lalu,berlanjut pada masatenangselamatigaharidan proses pemungutan suaranya untuk Pilgub Jabar sendiri akan berlangsung pada 24 Februari 2013,”katanya. (sindo)         

0 komentar:

Posting Komentar