Jumat, 24 Februari 2012

PKS Tawarkan Kursi Wabup ke PDIP

BANDUNG– Sampai kini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum menemukan sosok yang tepat untuk mendampingi Ahmad Heryawan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013. 

Bukan mustahil,partai berlambang bintang sabit kembar ini menyerahkan kursi calon wakil gubernur (wagub) kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sekretaris Bidang Kebijakan Publik DPW PKS Jabar Imam Budi Hartono mengakui adanya pertemuan antara pengurus partainya dan DPD PDIP pada Selasa (21/2) malam.

”Alhamdulillah, kami mendapat sambutan hangat dari jajaran PDIP.Kami tegaskan bahwa langkah yang kami lakukan ini sebagai penjajakan koalisi untuk pilgub nanti,” ungkapImam,belumlamaini. Menurut dia, penjajakan komunikasi dengan PDIP sudah dirintis sejak jauh-jauh hari. PKS juga membuka kursi calon wakil gubernur untuk PDIP. Imam mengatakan, partainya berani menafsirkan tawaran itu disambut baik oleh PDI Perjuangan.

”Sepertinya PDIP siap menyodorkan posisi wakil gubernur untuk disandingkan dengan Pak Ahmad Heryawan. Mengapa kami menyodorkan tawaran ini hanya untuk posisi wakil, karena tidak mungkin Pak Ahmad Heryawan yang menjadi calon wakil, karena beliau sudah menjabat gubernur.

Sebetulnya, ini peluang emas juga buat PDI Perjuangan,lantaran akan memiliki pijakan kuat untuk menduduki kursi gubernur pada pilgub berikutnya,”tuturnya. Menurut dia,penjajakan ini setelah ada komunikasi politik antara PKS dan PDIP di tingkat pusat. ”Hubungan masing-masing( ditingkat) DPPsudahjalan.

Seperti gayung bersambut, di mana kami langsung merespons keinginan masing-masing pengurus pusat,”katanya. Menurut dia,apabila PKS dan PDIP sepakat berkoalisi maka koalisi merah putih ini terwujud. PKS juga tidak akan mempersoalkan figur yang akan disodorkanPDIP.” Siapapunfigurnya,itu semua kami serahkan ke PDIP. Yang penting, figur ini bisa mendongkrak popularitas dan elektabilitaspasangancalon,dan bersama-sama berkomitmen membangun Jabar,”tuturnya.

Ketua DPD PDIP Jabar Rudy Harsa Tanaya mengakui telah berkomunikasi dengan PKS.Namun, belum memberikan keputusan akan ajakan koalisi yang ditawarkan PKS ”Jangankan menyodorkan calon,kesepakatan koalisi saja belum ada. Karena kami berpijak pada instruksi pusat mengenai koalisi ini. tetapi kalau sebatas silaturahim, ya kami sambut dengan baik,”ucap Rudy. atep abdillah kurniawan/sindo 

0 komentar:

Posting Komentar