Senin, 31 Oktober 2011

Heryawan Siap Maju Pilgub Jabar 2013

Cirebon – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, tak menutup kemungkinan bakal kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013 mendatang. 

Meski belum menegaskan keputusannya, dia menyebut keikutsertaannya dalam pemilihan nanti tergantung kuasa Tuhan. Dia mengaku belum menentukan calon pendamping yang akan maju bersamanya termasuk saat ditanya rumor Gubernur Heryawan akan berdampingan dengan Bupati Cirebon Dedi Supardi. “Insyaallah, Insyaallah, tapi belum ada calon pendamping siapa, itu nanti saja,”kata Heryawan, kemarin.

Dia enggan memberi banyak komentar terkait pencalonan lagi pada Pilgub Jabar 2013 seraya berjalan menjauh dari kerumunan wartawan usai peletakan batu pertama di kampus Stikes Mahardika, Kota Cirebon. AsistenAdministrasi Sekretariat Daerah (Setda) Jabar Iwa Kartiwa mengatakan, anggaran Pilgub Jabar diperkirakan mencapai Rp800 miliar.

“Tapi rinciannya apa saja masih kami hitung karena ini kan juga dengan daerah lain,”ujarnya. Namun,anggaran pemilihan umum daerah (pilkada) telah dialokasikan pada APBD Jabar Tahun Anggaran 2011. Secara keseluruhan, anggaran pilkada dilakukan secara bertahap. Kebutuhan pilkada di daerah nantinya tak lepas dari bantuan pemprov. Penggabungan pelaksanaan pilkada dengan pilgub dinilai mendatangkan efisiensi,terutama dalam pengadaan bilik suara.

Anggota Bidang Sosialisasi dan Teknis KPUD Kota Cirebon Subhan Alba menyatakan jumlah pemilih pada pilgub bisa mencapai 33-38 juta.Angka itu didasarkan asumsi Pilgub Jabar 2008 sekitar 28 juta pemilih, sedangkan pemilu legislatif 2009 mencapai 30 juta. erika lia/ atep abdillah kurniawan (Sindo)